Halaman

Kamis, 17 November 2011

Bangun, Mooo!

Hoahm....

Kalo ngantuk gini, gue jadi inget pas ketiduran di mesjid.

Beberapa abad yang lalu (emang mau belajar sejarah?!), eh minggu yang lalu,  kan ada lebaran kurban buat kita - kita yang nggak pergi haji. Nah, sunnahnya kita sholat Ied bareng - bareng alisa (ciee alisa, siapa tuh?!), maksud kita alias, alias jama'ah di mesjid - mesjid yang ngadain.

Ceritanya nih (dibaca : faktanya), gue ikutan sholat dah  di mesjid terdekat rumah gue. Ah maap nih, gue nggak bisa nampilin gambar mesjidnya, masih underconstruction. Berangkat dari rumah jam 6.28, sampe mesjid 6.30 (kayaknya penting banget nih 2 menit). Seperti biasanya, namanya lebaran kurban, kambing ama sapi bertebaran di mana - mana dah. Yang nangis, yang pasrah, yang kata orang seneng, yang galau, yang desperate, makan mah makan aja, boker mah boker aja, namanya juga binatang. Baunya semerbak menghiasi setiap lubang - lubang hidung yang mau berjamaah. Maklum, komplekan gitu, kagak punya kebon buat naro itu binatang kurban.

Masuk mesjid dari sayap kiri, eh keluar lagi di sayap kanan, di dalem udah penuh (-___ -"). Gue ambil sap (shaf) agak depan, kagak pake sholat tahiyatul masjid, wong masuk keluar lagi (ah koplak dah). Duduk aja langsung tanpa perasaan berdosa. Terus ngikutin bapak - bapak yang pada takbir walopun cuma bibir gue yang naek turun kagak pake suara. Di depan sayap kanan, sapi - sapi diiket di situ, jadi gue mantau terus, sambil kita ngobrol lewat tatapan mata.

 Sapi : "Ape lo liat - liat?"
Gue : "Mata lo disop enak kali ya?" (ketawa licik)
Sapi : "Sial!" (langsung nunduk, makan lagi)

Seperti biasa, jam 7 kurang 5 menit, sambutan sama pengarahan. Setelah itu, sholat dimulai nih, yang namanya sholat Ied, pasti gue khusyuk, khusyuk ngitungin jumlah takbirnya :D. Selanjutnya, bapak khotib berkhutbah dah tuh panjang kali lebar. Mantep sih khutbahnya, kalo kata adek gue, khutbahnya berpoin - poin, tiap poinnya berpoin - poin lagi, terus berpoin - poin lagi. Dari yang tadinya gue serius dengerin sampe entah sampe di mana, yang pasti gue sampe punya dunia sendiri sambil merem. Sembari melek - melek dikit liatin sapi - sapi tadi.

Alhamdulillah, akhirnya, do'a bareng, artinya udah mau selesai. Tapi ngantuk gue belom selesai dan gue pun merem lagi. Eh pas bangun, nengok kiri ada tembok, nengok kanan tembok juga. Liat depan, eh si sapi, "Eh, kebo bangun!" Nengok belakang udah kosong.

"Kok udah sepi dah?!"

Wuanjrit.... orang - orang lagi pada salam - salaman di sayap kiri mesjid. Ya ampun, nggak ada yang bangunin gue. Sial dah. Langsung gue masuk antrian salam - salaman sambil kucek - kucek mata terus cepet - cepet pasang senyum sumringah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar